Permainan Psikologi. Menurut Hans Daeng (dalam Andang Ismail, 2009: 17) permainan
adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian
integral dari proses pembentukan kepribadian anak. Selanjutnya Andang
Ismail (2009: 26) menuturkan bahwa permainan ada dua pengertian.
Pertama, prmainan adalah sebuah aktifitas bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari menang atau kalah.
Kedua, prmainan
diartikan sebagai aktifitas bermain
yang dilakukan dalam rangka mencari
kesenangan dan kepuasan, namun ditandai pencarian menang-kalah.Pengertian Permainan menurut beberapa ahli
Menurut Kimpraswil (dalam As’adi Muhammad, 2009: 26) mengatakan bahwa definisi permaina adalah usaha olah diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
Lain
halnya dengan Joan Freeman dan Utami munandar (dalam Andang Ismail,
2009: 27) mendefinisikan prmainan sebagai suatu aktifitas yang membantu
anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial,
moral, dan emosional.
Menurut beberapa pendapat para ahli tersebut peneliti menyimpulkan definisi permainan adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh beberapa anak untuk mencari kesenangan yang dapat membentuk proses kepribadian anak dan membantu anak mencapai perkembangan fisik, intelektuan, sosial, moral dan emosional.
Read more: Game (Permainan) Psikologi >> Kokologi | belajarpsikologi.com
0 komentar:
Posting Komentar